MODEL PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA

Ramlan Effendi

Sari


Kemampuan literasi siswa masih sangat rendah. Data perpustakaan nasional menunjukkan rata-rata warga warga negara Indonesia membaca 0-1 buku pertahun. Usaha untuk meningkatkan minat baca harus digalakkan terutama disekolah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru yaitu menerapkan model pembelajaran SQ3R yang terdiri dari Survey, Question, Read, Recite dan Review. Keunggulan model pembelajaran SQ3R adalah (1) dapat membuat siswa lebih percaya diri dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal, (2) Membantu konsentrasi siswa, (3) Membantu memfokuskan perhatian siswa dan mengidentifikasi kesulitannya dalam mendapatkan jawaban, (4) Melatih memberikan jawaban dalam pertanyaan tentang materi, (5) Membantu mempersiapkan catatan dalam bentuk tanya jawab.

Kata Kunci


literasi, model pembelajaran, SQ3R

Teks Lengkap:

TEKS PDF

Referensi


Fuentes, P. (1998). Reading Comprehension in Mathematics. p.81(8). Gale Arts, Humanities and Education Standard Package.

Hartono, Y. (2007). Pendekatan Matematika Realistik. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.

Putra, A, dan Suryono, E. (2016). Pembuatan Tutorial Cara Cepat Membaca Dan Berhitung Pada Anak Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash 8. Jurnal Media Infotama 12(1).

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Syah, M.. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugeng, S. (2009). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009.

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA di FPMIPA UPI.

Trianto. (2011).Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta:Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no2.2016pp109-118

Article Metrics

Abstract view : 701 times

TEKS PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Jurnal KALAMATIKA terindeks Google Scholar, ISJD, DOAJ, SINTA, IPI, ResearchBib, DRJI, ESJIndex, SIS, Cosmos Impact Factor, Indonesia OneSearch, dan Microsoft Academic. E-ISSN: 2527-5607 | P-ISSN: 2527-5615. Untuk info atau pertanyaan mengenai website atau jurnal secara umum, silahkan email ke kalamatika@uhamka.ac.id Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.