PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

jusep saputra

Sari


Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas yang mengontrak mata kuliah matematika sekolah III. Kelas A berjumlah 50 orang yaitu 24 orang kelompok unggul dan 26 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan model PBL berbantuan e-learning dan kelas B berjumlah 50 orang, 27 orang kelompok unggul dan 23 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar dengan skala likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti model PBL berbantuan e-learning rata-ratanya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi baik, dan mahasiswa menjelaskan bahwa model PBL berbantuan e-learning lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori

Kata Kunci


Pendidikan Matematika

Referensi


Ibrahim. (2000). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya UNESA University Press.

Indrawan, R., dan Yaniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidian. Bandung: PT Refika Aditama.

Izzati, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta didik SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2011). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah FPMIPA UPI.

Supianti, I. (2013). Implementasi E-Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal KALAMATIKA terindeks Google Scholar, ISJD, DOAJ, ResearchBib, DRJI, ESJIndex, SIS, dan Cosmos Impact Factor. E-ISSN: 2527-5607 | P-ISSN: 2527-5615. Untuk info atau pertanyaan mengenai website atau jurnal secara umum, silahkan email ke kalamatika@uhamka.ac.id Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.