PERBANDINGAN HASIL BELAJAR STATISTIK DASAR DENGAN METODE PRAKTIKUM KELAS C DAN D JURUSAN TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Yeti Nurizzati

Sari


Jurusan Tadris Bahasa Inggris tahun 2015/2016 terdiri dari 4 kelas, namun hanya 2 kelas (C dan D) yang menggunakan metode praktikum dalam pembelajaran Statistik Dasar. Kelas C dan D Jurusan Tadris Bahasa Inggris ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Kelas C lebih disiplin daripada kelas D dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga muncullah dugaan bahwa hasil belajarnya pun akan menimbulkan perbedaan. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan yaitu untuk membandingkan perbedaan hasil belajar Statistik Dasar sebelum dan sesudah menggunakan metode praktikum di Jurusan Tadris Bahasa Inggris Kelas C dan D; serta membandingkan perbedaan hasil belajar Statistik Dasar menggunakan metode praktikum Jurusan Tadris Bahasa Inggris Kelas C dan D. Kedua kelas merupakan kelas eksperimen yang saling bebas (independent) dengan diberikan perlakuan yaitu pembelajaran statistik dasar dengan metode praktikum sehingga termasuk jenis penelitian kuantitatif komparasional. Hasil uji homogenitas data kedua kelas adalah homogen dengan nilai pv>α. Hasil uji t sampel berhubungan yang berasal dari perbandingan nilai UTS dengan UAS kelas C dan D keduanya mengalami peningkatan secara signifikan dengan nilai pv<α. Hasil uji t bebas diperoleh bahwa hasil belajar kelas C dan D adalah berbeda secara nyata untuk kedua nilai yaitu UTS dan UAS nilai pv<α. Kelas C mempunyai nilai rata-rata UTS lebih besar daripada kelas D; namun sebaliknya nilai rata-rata UAS kelas D lebih besar daripada Kelas C. Dapat dikatakan bahwa kelas C lebih menguasai teori hitung manual, sedangkan kelas D lebih menguasai praktik SPSS.

Kata kunci: statistik dasar, metode praktikum, sampel berhubungan, sample bebas

Kata Kunci


statistik, perbandingan hasil belajar

Referensi


Legiman. 2012. Metode Praktikum dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: LPMP Widyaiswara.

Martono, Nanang. 2010. Statistik Sosial : Teori dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Nugraha, Gugun. 2015. Perbandingan Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional dengan Metode Berbasis Internet Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X MA PUI Cilimus Kabupaten Kuningan. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nurizzati, Yeti. 2016. Efektivitas Pembelajaran Statistik Dasar dengan Metode Praktikum Berbasis Pendidikan Karakter Islami di Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Holistik: Journal For Islamic Social Sciences Vol 1 No 1. E-journal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/673/552

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sudjana, Nana. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Trihendradi, C. 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI.

Wahyuni, Retno Tri. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Penerapan Metode Mind Mapping dan Metode Elaborasi Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal KALAMATIKA terindeks Google Scholar, ISJD, DOAJ, ResearchBib, DRJI, ESJIndex, SIS, dan Cosmos Impact Factor. E-ISSN: 2527-5607 | P-ISSN: 2527-5615. Untuk info atau pertanyaan mengenai website atau jurnal secara umum, silahkan email ke kalamatika@uhamka.ac.id Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.